Media Informasi dari pelosok Negeri

Instalasi CMS Lokomedia di Localhost


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menginstal lokomedia di localhost. Memeriksa apakah localhost sudah terinstal adalah salah satu yang tidak bisa ditawar lagi. Bolehmenggunakan webserver apapun yang penting suport PHP dan MySQL. Kemudian yang tidak kalah penting adalah memeriksa apakah mod_rewrite pada php sudah di on-kan apa belum. Bila mod_rewrite dalamkeadaan off maka CMS Lokomedia tidak akan berjalan, karena CMS Lokomedia menggunakan .htaccess untuk memanipulasi URL yang digunakan. Untuk mengaktifkan mod_rewrite buka file httpd.conf dalam folder apache, bila menggunakan Xampp dapat di temui di folder Apache/conf. Buka filenya dan edit kode #LoadModule rewrite_module modules/mod_rewrite.so dengan menghapus tanda # sehingga menjadi LoadModule rewrite_module modules/mod_rewrite.so lalu simpan dan restart xampp service.
Langkah selanjutnya siapkan file-file lokomedia yang bisa didownload di bukulokomedia.com (saya memakai lokomedia 1.5.8) . Extract file lokomedia tersebut dan copykan folder lokomedia pada folder htdocs Xampp kita.
Setelah tercopy semua, kemudian kita buat MySQL Database dengan menggunakan phpmyadmin. Caranya buka internet browser kemudian menuju alamat http://localhost/phpmyadmin (isikan username dan password jika anda menggunakan password, dalam mode default username = root dan password kosong). Buat database baru dengan nama sesuai keinginan.
phpmyadmin-panel
Import file dblokomedia.sql yang disertakan dalam file download lokomedia ke database yang telah kita buat. Browse file dan Go, tunggu hingga import database berhasil dan sukses. Database berhasil diimport ketika database sudah terisi lengkap dengan tabel-tabel di kolom kiri.
import-db
Langkah selanjutnya kita buka file koneksi.php pada folder lokomedia/config untuk mengkonfigurasi koneksi database. Ubah beberpa parameter
1.$server = "localhost"; // default localhost
2.$username = "root"; // default root
3.$password = ""; //isi password jika ada (default nopassword)
4.$database = "lokomedia_db"; //sesuaikan dengan nama database yang dibuat
Saatnya untuk menguji apakah instalasi kita berhasil atau tidak. Buka alamat http://localhost/lokomedia di internet browser kita. Jika berhasil maka akan muncul halaman utama lokomedia. Untuk mengutak atik isi halaman dan lain-lain bisa dilakukan di halaman administrator http://localhost/lokomedia/adminweb. Isi username dengan nama 'admin' tanpa tanda petik dan password 'admin' tanpa tanda petik.
Sumber : cauza.web.id

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Copyright © Kang Anam. All rights reserved. Template by CB